Perkembangan Komputer Dari Generasi ke Generasi

e
Perkembangan Komputer

Definisi:
Computare ( Bhs.Latin )  >  to compute / to reckon  >  Menghitung

Pengertian Komputer:
Merupakan peralatan elektronik yang bekerja di bawah perintah program untuk menerima (input), memproses data, menghasilkan informasi (output),  menyimpan data/informasi tersebut.
Sehingga, Ilmu Komputer adalah studi yang mempelajari tentang pengertian komputer, penggunaan komputer dan cara bekerja suatu komputer.

Secara prinsip, komputer adalah alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan. Dimana, alat elektronik ini dapat menerima input dan mengolah data, pengolahan data menggunakan program yang tersimpan di dalam memori komputer, sehingga dapat memberikan informasi yang dapat pula disimpan di dalam memori penyimpanan.
Maka, sistem komputer terdiri dari:
-   Hardware
-   Software
-   Brainware
-   Operating System


Generasi Komputer 

    1.   Generasi Pertama I ( 1946 - 1959 )
          Generasi pertama dari komputer, ditandai dengan ditemukannya tabung hampa udara (vacum-tube) sebagai alat penguat sinyal. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin.

Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar (begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas), berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik di dunia yang pertama yakni ENIAC selesai dibuat. Berorientasi pada aplikasi bisnis, komputer ini memerlukan 18.800 tabung hampa udara yang berbobot 30 ton dan menggunakan bahasa mesin yaitu assembler. Proses penyelesaian belum cepat dan kapasitas penyimpanan kecil dan memerlukan daya listrik yang besar.

    2.   Generasi Kedua  II ( 1959 - 1964 )
      Generasi Kedua ini sirkuitnya berupa Transistor ( Transfer Resistor ) yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya ( Resistor ) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipegaruhi. Bahan baku terdiri atas tiga lapis yaitu: Basic, Collector, dan Emmiter. Dengan demikian, sebagai fungsi penguat sinyal. Transistor yang padat mempunyai bannyak keunggulan, yaitu: Tidak mudah pecah & Tidak menyalurkan panas. Hal tersebut berdampak pada ukuran dan harga yang mengecil dan lebih murah, serta daya yang lebih kecil.


Pada tahun 1960-an IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran yang dimanfaatkan pada bidang teknik, ilmiah, dan bisnis. Contohnya: Komputer IBM-7090 buatan Amerika Serikat. Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM-7090 menjadi sangat populer. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM serie 1400, NCR serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.



    3.   Generasi Ketiga  III ( 1964 - 1970 )
       Generasi ini mulai menggunakan Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga lahir dari berbagai penelitian dalam konsep transistor yang semakin kecil dan semakin murah.


IC-Chip merupakan ribuan transistor yang tergabung dalam secuil silicum yang mempunyai ukuran beberapa millimeter. Hal ini pun berdampak pada:
a.   Penghematan ruangan
b.   Pemrosesan yang lebih cepat
c.   Kapasitas memori yang lebih besar
d.   Penggunaan daya listrik yang lebih rendah, dan
e.   Banyak bermunculan aplikasi software.


    4.   Generasi Keempat  IV ( 1970 - 1990 )
          Microprocessor merupakan ciri khas komputer generasi ke-empat yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat maka harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal.


Pada tahun 1971, Intel Corp mengembangkan microprocessor pertama serie 4004. Setelah itu, IBM mengeluarkan personal computer pada tahun 1981 dengan menggunakan Operating System MS-DOS 16 Bit. Kemudian lahir Large Scale Integration ( LSI ) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocessor. LSI kemudian dikembangkan dalam VLSI ( Very Large Scale Integration ). Perkembangan berikutnya ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan pembuat microprocessor antara lain: Intel Corporation, Motorola, Zilog, dan lain-lain. Intel Corp mengeluarkan microprocessor dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, 80586 atau dikenal dengan nama pentium. Sedangkan pabrik Motorola mengeluarkan model 6502, 6800.


    5.   Generasi Kelima  V ( 1990-an - Sekarang )
        Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan ( artificial intelligence ), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
               
         Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia










Sumber: Materi kuliah semester 1
               http://bayuvanjava037.blogspot.com/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adat Istiadat Jawa Tengah

Kesimpulan dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari suatu perusahaan

Tugas Softskill Metologi Penelitian Penulisan Ilmiah