Asal Mula Mesin Mobil

Tahukah Anda? bila sejarah sukses dari mobil yang kita ketahui pada saat ini dimulai dari diterapkannya mesin pembakaran internal. Mesin pembakaran internal menggunakan bahan bakar sebagai sumber tenaga hasil pembakaran di ruang bakar yang digunakan untuk mendorong/menggerakan piston di dalam silinder.


















Walaupun banyak buku-buku sejarah mengatakan bahwa mobil diciptakan oleh Gottlieb Daimler atau Karl Benz!? Hal ini disebabkan karena Daimler dan Benz menciptakan kesuksesan dengan membuat kendaraan bermesin pembakaran internal yang terlihat dan bekerja seperti mobil-mobil kita gunakan saat ini.
Namun pada kenyataannya kendaraan pertama yang menggunakan mesin uap diciptakan oleh Nicolas Joseph Cugnot dari Perancis, yang membuat mobil pertama pada tahun 1769. Hal ini diakui oleh British Royal Automobile Club dan Club de Automobile Perancis. Jadi siapakah yang pertama kali menciptakan mobil? Apakah Gottlieb Daimler atau Karl Benz?




Garis besar singkat tentang perjalanan sejarah mesin pembakaran internal mencakup berikut:
1680 - fisikawan Belanda, Huygens Kristen merancang (tapi tidak pernah dibangun) mesin pembakaran internal yang harus didorong dengan bubuk mesiu.
1807 - Francois Isaac de Rivaz dari Swiss menemukan sebuah mesin pembakaran internal yang menggunakan campuran hidrogen dan oksigen untuk bahan bakar.
1824 - insinyur Inggris, Samuel Brown mengadaptasi mesin uap Newcomen untuk membakar gas.
1858 - Insinyur kelahiran Belgia, Jean JosephÉtienne Lenoir metemukan dan mempatenkan pada tahun 1860 "double-acting".
1862 - Alphonse Beau de Rochas, insinyur sipil Prancis, mempatenkan tetapi tidak membangun sebuah mesin empat langkah (paten # 52593 Prancis, 16 Januari 1862).
1864 - insinyur Austria, Siegfried Marcus, membangun sebuah mesin satu silinder dengan karburator. Beberapa tahun kemudian, Marcus merancang sebuah kendaraan yang yang dapat berjalan sampai 10 mph. Beberapa sejarawan telah dianggap penemuan ini sebagai pendahulu dari mobil modern dengan menggunakan bahan bakar bensin.
1873 - George Brayton, seorang insinyur Amerika, mengembangkan sebuah mesin dua-langkah.
1866 - insinyur Jerman, Eugen Langen dan Nikolaus August Otto mengembangkan desain Lenoir dan desain de Rochas dan menciptakan mesin gas yang lebih efisien.
1876 ​​- Nikolaus August Otto menemukan dan kemudian mematenkan mesin empat-langkah yang sukses, dikenal sebagai "Otto Cycle".
1876 ​​- Keberhasilan pertama mesin dua-langkah yang diciptakan oleh Sir Dougald Clerk.
1883 - insinyur Perancis, Edouard Delamare-Debouteville, membangun sebuah mesin silinder tunggal empat-langkah.
1885 - Gottlieb Daimler menemukan apa yang sering diakui sebagai prototipe dari mesin berbahan bakar yang moderen, dengan silinder vertikal, dengan bensin disuplai melalui karburator (dipatenkan pada tahun 1887). Daimler pertama kali dibangun sebuah kendaraan roda dua yang "Reitwagen". Dengan mesin ini setahun kemudian dibangun kendaraan roda empat bermotor pertama di dunia.
1886 - Pada tanggal 29 Januari, Karl Benz menerima paten pertama (DRP No 37.435) untuk mobil berbahan bakar.
1890 - Wilhelm Maybach membangun mesin empat-langkah empat silinder pertama.

 








Gottlieb Daimler(kiri) dan karl Benz




















Karya cipta  Gottlieb Daimler(kiri atas) dan karl Benz


Kendaraan ini bernama 'La Marquise' dibuat pada tahun 1884 oleh Georges Bouton dan Charles-Armand . Kendaraan ini merupakan pesanan pengusaha Prancis Count de Dion, Mobil ini di bekali dua mesin uap dan tangki air berkapasitas 151 liter air yang dapat menjalankan kendaraan ini dengan jarak 32 km dengan kecepatan maksimal 61 km/jam.



                                                                                                            
Desain mesin dan desain mobil adalah kegiatan yang tidak terpisahkan, hampir semua desainer mesin yang disebutkan di atas juga merancang mobil, dan beberapa kemudian menjadi produsen utama mobil. Salah satu landmark yang paling penting dalam desain mesin berasal dari Nikolaus August Otto, yang pada tahun 1876 menciptakan sebuah mesin bahan bakar yang efektif. Otto yang pertama mempraktekan mesin pembakaran internal empat-langkah yang disebut "Otto Cycle Engine" dan segera setelah dia menyelesaikan mesin tersebut, dia membuatnya menjadi mesin pada sebuah sepeda motor. Kontribusi Otto sangat signifikan, itu adalah mesin empat-langkah yang secara universal diadopsi untuk semua mobil berbahan bakar cair setelahnya.
Pada tahun 1885, insinyur mekanik terkenal Jerman, Karl Benz membangun dan merancang mobil praktis pertama di dunia yang menggunakan mesin pembakaran internal. Pada tanggal 29 Januari 1886, Benz menerima paten pertama (DRP No 37.435) untuk mobil berbahan bakar. Ini adalah mobil dengan tiga roda. Benz membangun mobil empat roda pertamanya pada tahun 1891. Benz adalah penemu pertama untuk mengintegrasikan mesin pembakaran internal dengan chassis dan merancang keduanya bersama-sama.
Dan pada tahun 1885, Gottlieb Daimler bersama dengan mitranya Wilhelm Maybach, mengacu pada mesin pembakaran internal Otto dan menciptakannya selangkah lebih maju dan dipatenkan, apa yang umumnya diakui sebagai prototipe dari mesin bahan bakar moderen.
Pada 1885 Daimler-Maybach mesin yang diciptakan kecil, ringan, cepat, menggunakan karburator bensin, dan memiliki silinder vertikal. Ukuran, kecepatan, dan efisiensi dari mesin memungkinkan untuk sebuah revolusi dalam desain mobil. Daimler yang dianggap sebagai penemu pertama yang menciptakan mesin pembakaran internal praktis.
Berkas:L V VR6 engines.svg
 Tiga tipe mesin: mesin segaris, b — mesin V, c — mesin VR6


http://panjimitiqo.files.wordpress.com/2011/04/300px-blumfield_v-twin_motorcycle_engine.jpg 
 Mesin V klasik- ini adalah mesin V-twin yang dipakai di motor Inggris zaman dahulu

Pada tahun 1889, Daimler menemukan mesin-V dua silinder, mesin empat-langkah dengan katup berbentuk seperti yang kita kenal saat ini. Sama seperti mesin Otto 1876, mesin baru Daimler mengatur dasar semua mesin mobil untuk lebih maju.

Pada tahun 1889, Daimler dan Maybach membangun mobil pertama mereka, mereka tidak beradaptasi kendaraan lain seperti yang mereka selalu lakukan sebelumnya. Mobil baru Daimler memiliki transmisi empat kecepatan dan kecepatan yang dicapai 10 mph. Daimler mendirikan Daimler Motoren-Gesellschaft pada tahun 1890 untuk memproduksi desainnya. Sebelas tahun kemudian, Wilhelm Maybach membuat mobil Mercedes.
 
 
Sumber :    http://sejarahkendaraanbermesin.blogspot.com/2012/12/asal-mula-mesin-mobil.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adat Istiadat Jawa Tengah

Kesimpulan dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari suatu perusahaan

Tugas Softskill Metologi Penelitian Penulisan Ilmiah